Senin, 04 Agustus 2014

Soal CPNS Bidang Pertanian


Soal CPNS Tes Kompetisi Bidang Pertanian
 Untuk Soal CPNS Kali ini kita akan membahas Soal TKB Pertanian. Tes Kompetensi Bidang pertania. Berhubung sedang tidak ada waktu untuk membuat Aplikasi CAT maupun Aplikasi Web, Maka Slahkan langsung saja pelajari soal soalnya di bawah ini.

1. Administrasi penyuluhan dipandang sebagai kegiatan pemberdayaan sumberdaya manusia , khususnya pada sasaran berikut, kecuali….
 A.petani
 B.penyuluh
 C.kontak tani
 D.sejawat
 Jawaban :
 A.Jawaban benar, karena petani merupakan sasaran pemberdayaan

2. Administrasi penyuluhan sebagai total sistem harus dapat bergerak menuju sasaran dan tujuan yang mempunyai kesatuan….
 A.hamparan
 B.kelompok
 C.pola pikir
 D.domisili
 Jawaban :
 C.Jawaban benar, karena pola pikir termasuk kesatuan dari administrasi.

3. Upaya yang berkaitan dengan administrasi personalia adalah….
 A.Perbaikan sarana yang dibutuhkan penyuluh, diantaranya mobilitas yang tinggi, sumberdaya material, perumahan
 B.Penyediaan dana yang mencukupi untuk kelancaran tugas penyuluhan
 C.Adanya sistem pelaporan dan evaluasi yang baik
 D.Setiap staf penyuluhan harus diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan
 Jawaban:
 D.Jawaban benar, karena salah satu upaya administrasi personalia penyuluhan pertanian adalah setiap staf penyuluhan harus diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.

4. Salah satu peran kelompok adalah sebagai kelas belajar, artinya kelompok tani merupakan….
 A. Tempat memperkuat kerjasama diantara sesama petani dalam kelompok tani dan antar kelompok tani serta dengan pihak lain
 B. Wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap, sehingga tumbuh kemandirian anggota dalam berusahatani
 C. Alat komunikasi yang baik antar sesama anggota, anggota dengan pengurus serta anggota/pengurus dengan penyuluh, bank dan KUD
 D. Wadah usakatani yang dilaksanakan oleh masing-masing anggota kelompok tani yang dipandang sebagai satu kesatuan yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi
 Jawaban :
 B.Jawaban benar, karena wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap, sehingga tumbuh kemandirian anggota dalam berusahatani merupakan peran kelompok tani sebagai kelas belajar.

5. Pernyataan yang benar terkait dengan KTNA adalah….
 A.Merupakan organisasi dari kontak tani nelayan andalan hanya di wilayah kecamatan dan kabupaten/kota
 B.Semua kontak tani/ketua kelompok tani menjadi anggota KTNA
 C.Merupakan organisasi formal perwakilan petani
 D.Berfungsi sebagai wadah musyawarah petani-nelayan serta mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan petani nelayan di wilayahnya
 Jawaban :
 D.Jawaban benar, karena fungsi KTNA adalah sebagai wadah musyawarah petaninelayan serta mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan petani nelayan di wilayahnya

6. Pengertian rembug paripurna dalam kegiatan KTNA adalah …..
 A.pertemuan lengkap seluruh anggota KTNA tingkat wilayah untuk menetapkan pengurus harian dan mengembangkan peran petani-nelayan dalam pembangunan pertanian
 B.pertemuan lengkap seluruh pengurus harian ditambah utusan/wakil petani-nelayan dari tingkat di bawahnya yang membahas masalah umum kegiatan KTNA
 C.pertemuan antara pengurus harian ditambah dengan beberapa KTNA lainnya untuk : menetapkan ketua KTNA dan ahli andalan sebagai delegasi mimbar sarasehan; membahas masalah; dan menindaklanjuti hasil mimbar sarasehan
 D.pertemuan pengurus harian KTNA untuk membahas kepentingan petani nelayan di wilayah yang bersangkutan
 Jawaban :
 B.Jawaban benar, pertemuan lengkap seluruh pengurus harian ditambah utusan/wakil petani-nelayan dari tingkat di bawahnya yang membahas masalah umum kegiatan KTNA termasuk kategori rembug paripurna.

7. Berikut adalah upaya yang dilakukan KTNA dalam rangka penataan dan perbaikan organisasi , kecuali….
 A. penguatan organisasi dengan cara pemilihan KTNA secara demokratis dan transparan
 B. jumlah KTNA dari setiap desa sebaiknya tetap
 C. KTNA harus dapat mengatur pelaksanaan hak dan kewajiban anggota
 D. perlu campur tangan pemerintah dalam proses pemilihan KTNA
 Jawaban :
 A.Jawaban benar, karena penguatan organisasi dengan cara pemilihan KTNA secara demokratis dan transparan termasuk upaya yang dilakukan untuk peningkatan peran KTNA

8. Berikut merupakan teknis administrasi tentang BPP (Balai Penyuluhan Pertanian), kecuali….
 A.wilayah kerjanya mencakup 1 – 2 wilayah kecamatan
 B.terdiri dari beberapa wilayah binaan
 C.wilayah binaan dikenal sebagai wilayah kerja penyuluhan pertanian (WKPP)
 D.tiap WKPP dilayani oleh 2 orang petugas penyuluh lapangan (PPL) yang mencakup satu atau beberapa desa
 Jawaban :
 A.Jawaban benar, wilayah kerja BPP mencakup 1 – 2 wilayah kecamatan

9. Salah satu fungsi komisi penyuluhan pertanian propinsi adalah….
 A.melakukan kerjasama antara peneliti, penyuluh pertanian, kontak tani, dan pelaku agribisnis
 B.membuat demplot, pengembangan model usahatani, kemitraan agribisnis, dan ketahanan pangan
 C.menyiapkan penyelenggaraan pendidikan, dan pelatihan sumberdaya manusia bagi aparat pertanian teknis fungsional
 D.menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi, pasar bagi petani
 Jawaban :
 C.Jawaban benar, karena menyiapkan penyelenggaraan pendidikan, dan pelatihan sumberdaya manusia bagi aparat pertanian teknis fungsional merupakan fungsi komisi penyuluhan pertanian propinsi

10. Penyuluh dapat memilih alternatif perubahan yang paling tepat dilihat dari kelayakan teknis, ekonomi dan sosial . Pernyataan tersebut merupakan peran penyuluh sebagai….
 A.guru
 B.penasehat
 C.penganalisis
 D.organisator
 Jawaban :
 B.Jawaban benar, penyuluh dapat memilih alternatif perubahan yang paling tepat dilihat dari kelayakan teknis, ekonomi dan sosial.

11. Pernyataan berikut merupakan faktor pengikat upaya penumbuhan kelompok, kecuali adanya ….
 A.kepemimpinan kelompok
 B.kesamaan dalam kehidupan sosial
 C.saling percaya mempercayai antara sesama anggota
 D.kesamaan kondisi sumberdaya manusia dalam berusahatani-nelayan
 Jawaban :
 A.Jawaban benar, termasuk upaya penumbuhan kelompok tani nelayan didasarkan faktor pengikat

12. Berikut adalah tugas tambahan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) dalam membantu PPS (Penyuluh Pertanian Spesialis) , kecuali….
 A.mengambil dan mengumpulkan data untuk penyusunan program penyuluhan
 B.mengolah dan menganalisis data untuk penyusunan program penyuluhan
 C.meningkatkan swakarya dan kemandirian petani
 D.pembuatan demplot, kaji widia, dan penulisan ilmiah
 Jawaban :
 A.Jawaban benar, karena mengambil dan mengumpulkan data untuk penyusunan program penyuluhan merupakan tugas PPL yang langsung memberikan pelayanan pada petani.

13. Tugas seorang generalis ketika bekerjasama dengan seorang spesialis adalah….
 A.mengintegrasikan berbagai pengetahuan khusus menjadi rekomendasi yang praktis
 B.menjadikan perencana program penyuluhan menyadari masalah petani yang dapat
 dipecahkan oleh spesialisasi mereka
 C.menjadikan generalis sadar akan perkembangan bidang keahlian mereka melalui ceramah, penelitian, dan latihan yang sistematis
 D.menjalin hubungan yang baik dengan kelompok sasaran untuk menjamin bahwa informasi yang dibuat sesuai dengan keperluan audiens
 Jawaban :
 A.Jawaban benar, termasuk tugas seorang generalis bila bekerjasama dengan spesialis

14. Sumberdaya manusia merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan usaha perbaikan pembangunan pertanian. Berikut merupakan faktor-faktor yang perlu diperbaiki untuk menunjang sektor pertanian yang mandiri dan berdaulat, kecuali….
 A.organisasi dan manajemen
 B.sumberdaya alam
 C.sarana dan prasarana pendukung
 D.komitmen pada pembangunan pertanian yang lebih baik
 Jawaban :
 D.Jawaban benar, karena komitmen pada pembangunan pertanian yang lebih baik merupakan faktor-faktor yang perlu diperbaiki untuk menunjang sektor pertanian yang mandiri dan berdaulat

15. Menuangkan arah kebiijakan penyuluhan pertanian, merupakan tugas jabatan penyuluh yang bergolongan ….
 A.I
 B.II
 C.III
 D.V
 Jawaban :
 D.Jawaban benar, karena golongan IV merupakan fungsi penyuluh untuk menuangkan arah kebiijakan penyuluhan pertanian




Prediksi Soal CPNS 2014 Materi Sejarah
Setelah beberapa waktu yang lalu saya menuliskan Prediksi Soal CPNS Mate Tata Negara, Untuk kali ini saya akan berbagi lagi seputar soal cpns, untuk kali ini kita akan belajar tentang Soal CPNS Materi Sejarah.

Ada beberapa soal yang akan kita bahas, beserta kunci jawaban dan pembahasan lengkapnya. baiklah langsung kita simak soal soal di bawah ini.

1. Tujuan didirikan partai-partai politik sesuai dengan Maklumat Pemerintah tanggal 3 November 1945 adalah….
 a. memperkuat perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan.
 b. agar bangsa Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa lain.
 c. agar bangsa Indonesia termasuk bangsa yang maju dan modern.
 d. Untuk memudahkan pemerintah mengendalikan gejolak masyarakat.
 e. agar rakyat tidak mengancam pemerintah pusat.
 JAWABAN : A. Memperkuat perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan.
 Pembahasan :
 Isi maklurnat Pemerintah :
  Memperkuat perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan.
  Pemerintah menyukai adanya partai-partai agar aliran faham yang ada dalam masyarakat dapat dipimpin sehingga teratur.
 Partai-partai politik segera lahir sebelum dilangsungkannya pemilihan anggota badan-badan perwakilan rakyat bulan Januari 1946.

2. Pada awal pemerintahan Orde Baru perekonomian dan keuangan Indonesia sangat buruk. Untuk itu diadakan pertemuan antar negara-negara kreditor di Tokyo pada tanggal 19-20 September 1966, isinya…
 a. Indonesia mendapat bantuan pinjaman dengan bunga rendah.
 b. Bunga rendah dibayar setelah lima tahun dihitung sesudah penerimaan peminjaman.
 c. Ada beberapa negara kreditor yang memberikan pinjaman tanpa bunga.
 d. Persetujuan di negara-negara kreditor untuk menunda pembayaran utang Indonesia
 e. Bantuan pinjaman hendaknya dimanfaatkan untuk proyek irigasi.
 JAWABAN: D. Persetujuan di negara-negara kreditor untuk menunda pembayaran utang Indonesia
 Pembahasan :
 Pembicaraan mengenai penyelesaian hutang-hutang dengan negara-negara kreditor dilakukan pertama kalinya di negara Tokyo 19-20 September 1966, dilanjutkan di Paris dan mencapai kesepakatan pada tanggal 24 April 1970.

3. Perang dingin yang terjadi antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet mendorong negara-negara di benua Asia-Afrika mencari alternatif untuk ikut memelihara perdamaian dunia dengan cara….
 a. menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi antar negara Asia-Afrika
 b. mendirikan negara Non Blok
 c. mengusulkan dibentuknya pasukan perdamaian PBB.
 d. mendirikan ASEAN
 e. menolak dijadikannya pengkalan senjata nuklir dari kedua negara adi kuasa.
 JAWABAN : B. Mendirikan negara Non Blok.
 Pembahasan :
 Gerakan Non Blok muncul setelah berakhirnya Perang Dunia II, di mana berkembang kekuatan besar yang saling bersaing dan bertentangan yaitu antara Blok Barat (Amerika) dan Blok Timur (Uni Sovyet). Pertentangan dan persaingan ini mendorong perlombaan senjata atom dan nuklir yang membahayakan perdamaian dunia.

4. Latar belakang dilaksanakannya Revolusi Hijau sebagai cara melipatgandakan produk pertanian pangan adalah…
 a. adanya kekhawatiran terjadinya kelaparan yang disebabkan tidak seimbangnya tingkat pertumbuhan penduduk yang cepat dengan tingkat pertumbuhan pertanian yang lambat.
 b. makin banyak lahan pertanian yang berubah menjadi lahan industri.
 c. adanya kekhawatiran semakin rusaknya lahan pertanian akibat pema global.
 d. adanya larangan untuk membuka hutan dijadikan lahan pertanian.
 e. banyaknya bencana alam yang memporak-porandakan lahan-lahan pertanian.
 JAWABAN : A. Adanya kekhawatiran terjadinya kelaparan yang disebabkan tidak seimbangnya tingkat pertumbuhan penduduk yang cepat dengan tingkat pertumbuhan pertanian yang lambat.
 Pembahasan :
 Revolusi hijau adalah suatu evolusi produksi biji-bijian dari penemuan ilmiah yang berbentuk bibit unggul baru dari varietas gandum, padi, dan jagung yang telah mengakibatkan tingginya hasil panen. Munculnya revolusi hijau didasari berbagai masalah kehidupan masyarakat seperti jumlah penduduk yang selalu bertambah.

5. Tahun 1930 dibentuk organisasi yang menjadi wadah bagi peleburan seluruh organisasi pemuda di Indonesia yang bernama….
 a. Perhimpunan Indonesia
 b. Indonesia Muda
 c. Perhimpunan Pemuda Indonesia
 d. Jong Jakarta
 e. Tri Koro Darmo
 JAWABAN : B. Indonesia Muda
 Pembahasan:
 Indonesia Muda adalah nama organisasi baru yang lahir sebagai salah satu keputusan konggres Pemuda Indonesia II di Jakarta 28 Oktober 1928. Peleburan organisasi pemuda Indonesia ini menandai bahwa alam politik Indonesia telah dipenuhi oleh jiwa persatuan dan kesatuan.

6. Penanaman modal asing yang diterapkan pemerintah kolonial Belanda ternyata mampu membawa perubahan sosial dalam masyarakat Indonesia, Yaitu…
 a. timbulnya golongan buruh dan pengusaha.
 b. masyarakat Indonesia mulai mengenal sistem uang.
 c. tumbuhnya golongan terpelajar.
 d. terjadinya pengambilalihan tanah pedesaan.
 e. taraf hidup dan tingkat sosial ekonomi masyarakat meningkat
 JAWABAN : B. Masyarakat Indonesia mulai mengenal sistem uang.
Pembahasan :
 Sejak dibukanya Indonesia bagi penanam modal swasta asing, banyak perkebunan yang berdiri seperti perkebunan tebu, kopi, tembakau, dan tanaman lainnya Keadaan ini berdampak bagi kondisi penduduk Indonesia. Mereka berubah menjadi buruh pabrik dan perkebunan yang digaji dengan uang, sehingga mereka mulai mengenal sistem uang sebagai alat tukar.

7. Kekalahan Jepang dalam perang Dunia II, mampu menumbuhkan semangat kaum muda untuk mendesak golongan tua agar secepatnya memproklamasikan kemerdekaan. Peristiwa ini kenal dengan nama peristiwa….
 a. Bojongkokosan.
 b. Insiden bendera di Hotel Yamato.
 c. Pertempuran Ambarawa.
 d. Rengasdengklok.
 e. Pertempuran Surabaya.
 JAWABAN : D. Rengasdengklok.
 Pembahasan :
 Rengasdengklok adalah tempat yang terletak di sebelah utara Karawang, Jawa Barat. Dipilihnya tempat ini karena dianggap aman, jauh dari pemantauan Jepang. Di Rengasdengklok para pemuda mendesak
 Sukarno-Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan.

8. Peluncuran satelit Palapa C-1 pada bulan Februari 1996 mempunyai fungsi sebagai…
 a. sarana komunikasi yang bisa menjangkau seluruh Indonesia.
 b. alat pemersatu antar suku bangsa.
 c. penghasil devisa bagi negara.
 d. pengendali laju pertumbuhan penduduk.
 e. alat komunikasi antar daerah.
 JAWABAN : A. Sarana komunikasi yang bisa menjangkau seluruh Indonesia.

9. Munculnya gerakan DI/TII Kartosuwiryo di Jawa barat disebabkan oleh
 a. ketidakpuasan atas hasil perundingan Renville.
 b. cita-cita Kartisuwiryo menjadi pemimpin APRIS.
 c. rasa tidak puas terhadap pemerintahan RI.
 d. keinginan Kartosuwiryo mendirikan bangsa berdasarkan hukum-hukum Islam.
 e. memperbaiki taraf hidup masyarakat Jawa Barat.
 JAWABAN : d. keinginan Kartosuwiryo mendirikan bangsa berdasarkan hukum-hukum Islam.

10. Latar belakang Belanda menandatangani perjanjian Masang di Sumatera Barat karena pada saat itu Belanda harus
 a. meninggalkan kaum Padri di Sumatera.
 b. keluar dari Indonesia.
 c. mengakui kemenangan kaum Padri dan kaum Adat.
 d. menghadapi perang Diponegoro di Pulau Jawa.
 e. menghadapi perang Padri.
 JAWABAN: D. Menghadapi perang Diponegoro di Pulau Jawa.
 Pembahasan:
 Perang Padri di Sumatera yang berlangsung tahun 1821-1837 ternyata hampir bersamaan dengan Perang Diponegoro di Jawa (1825-18.30)Untuk menghadapi perang Diponegoro di Jawa dan menghindari kekalahan lebih lanjut di Sumatera, Belanda menggunakan taktiknya dengan bersedia menandatangani perjanjian Masang.

4 komentar:

  1. Permisi min bisa minta soal" dlm bentuk PDF? Klw bisa nih email saya abdgafurartofwar5@gmail.com

    BalasHapus
  2. Gan, kalo berkenan mohon share soal soal seputar SKB penyuluh pertanian/dinas pertanaian (relate) ke borisrotten@gmail.com . Makasih banyak sebelumnya ya gan

    BalasHapus
  3. Ka Ka bleh mnta soal dlm bntk pdf untk yg TKB kemntannya nggk,

    BalasHapus
  4. Kiranya bpa bisa berbagi soal skb pertanian untuk tahun 2020.
    Jika diperkenankan dalam bentuk pdf ke tabahandy@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus